Paradigma pendidikan kejuruan di Indonesia
-
Paradigma
siap latih
dan siap kerja, artinya setiap
lulusan yang di hasilkan lembaga pendidikan dapat terserap dan mampu diterima di pasar kerja, serta mampu
mengaktualisasikan dirinya sendiri menjadi kreator
dan inovator.
-
Paradigma supply driven dilakukan secara sepihak
oleh penyelenggara program studi, mulai dari kegiatan perencanaan, penyusunan
program pendidikan (kurikulum), pelaksanaan dan evaluasinya. Pendekatan supply
driven telah dianggap menjadi sesuatu yang baku, telah membentuk sistem nilai
dan sikap, seolah-olah "pendidikan" itu adalah urusan pemerintah,
bahkan terbentuk kesan, bahwa sekolah yang paling berhak, paling tahu, dan
paling bisa melaksanakan pendidikan ".
-
Paradigma demand driven, mengharapkan dunia usaha,
dunia industri, dunia kerja yang seharusnya lebih berperan menentukan,
mendorong dan menggerakan pendidikan, karena mereka adalah pihak yang lebih
berkepentingan dari sudut kebutuhan tenaga kerja.
Di masa sekarang ini paradigma pendidikan kejuruan yang tepat diterapkan adalah paradigma yang menekankan
pada pendidikan yang menyesuaikan dengan permintaan pasar (demand driven), karena kurikulum kejuruan disusun atas kejasama antara
DU/DI dengan pihak penyelenggara pendidikan. Sehingga dalam hal ini peserta
didik diharapkan mempunyai kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Program pendidikan kejuruan,
diharapkan dapat menjembatani dunia pendidikan kejuruan dengan
dunia kerja dan kebutuhan pasar. Dalam
pelaksanaan, dunia kerja juga ikut berperan serta, karena proses pendidikan
itu sendiri lebih dominan dalam menentukan kualitas lulusannya, serta dalam
evaluasi hasil pendidikan itupun dunia kerja ikut menentukan supaya hasil pendidikan
itu terjamin dan terukur dengan ukuran dunia kerja. Keterkaitan
(link) antara pengguna lulusan
pendidikan dan penyelenggara pendidikan, serta kesesuaian (match) antara employee
dengan employer menjadi dasar penyelenggaraan
dan ukuran keberhasilan pendidikan kejuruan. Keberhasilan penyelenggaraan
pendidikan dapat dilihat dari tingkat mutu dan relevansi yaitu jumlah
penyerapan lulusan dan kesesuaian bidang pekerjaan dengan bidang keahlian yang
dipilih dan ditekuninya.
Orientasi pembelajaran di Indonesia
Work based adalah orientasi pembelajaran yang memungkinkan siswa
untuk menerapkan teori kelas dan mengeksplorasi pilihan karir di tempat kerja,
serta menghubungkan antara belajar di kelas dengan bekerja. Jadi kurang
relevan, karena membentuk peserta didik hanya sebagai pekerja saja.
Orientasi pembelajaran industrial based mengharapkan supaya program pendidikan kejuruan
itu dilaksanakan di dua tempat. Di
lembaga
pendidikan dilaksanakan teori dan
praktek dasar keteknikan sebesar 40%, dan 60% dilaksanakan di dunia kerja,
yaitu keterampilan produktif yang diperoleh melalui prinsip learning by
doing. Pendidikan yang
dilakukan melalui proses bekerja di dunia kerja akan
memberikan pengetahuan keterampilan dan nilai-nilai dunia kerja yang
tidak mungkin atau sulit didapat di sekolah, yaitu pembentukan karakter,
disiplin,
keunggulan, wawasan pasar, wawasan
nilai tambah, dan pembentukan etos kerja. Tetapi menurut saya realita saat ini industri tidak
banyak sesuai dengan kompetensi, banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan
antara kompetensi yang seharusnya dengan kompetensi yang dilaksanakan di
industri. Contoh: Jurusan Multimedia tetapi di industri hanya sebagai tukang
ketik dan penyusun file.
Practical based
adalah orientasi pembelajaran pendekatan praktek,
dimana peserta didik dalam pembelajaran ditekankan kepada prakteknya. Dalam hal
ini tidak melibatkan DU/DI sebagai acuan untuk merencanakan program
pembelajaran.
Pendekatan yang relevan dengan kondisi masyarakat sekarang ini adalah competence based. Sesuai dengan aspek
yang terkandung dalam kompetensi yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, diharapkan
peserta didik memiliki kompetensi sesuai dengan minat dan bidangnya
masing-masing, sehingga dapat mengoptimalkan sumber daya alam yang telah kita
miliki. Sesuai dengan visi SMK yang sudah digariskan
Direktorat Pembinaan SMK adalah terwujudnya SMK bertaraf internasional,
menghasilkan tamatan yang memiliki jati diri bangsa dan mampu mengembangkan
keunggulan lokal dan persaingan di pasar global. Sedang misinya antara lain
meningkatkan profesionalisme dan Good
Governance SMK sebagai pusat pembudayaan kompetensi.
1xbet - Best Bet in 1xBet - Download or Install for Android
BalasHapus1xbet is the poormansguidetocasinogambling.com best betting 바카라 사이트 app in the world created for esports. It worrione.com is a one of the safest and 1xbet 먹튀 most trusted names https://septcasino.com/review/merit-casino/ among players. It offers a user friendly interface